Berita Komite Olimpiade Indonesia
Komite Olimpiade Indonesia Fokus Multievent hingga Kualifikasi Paris 2024
 15 Jan 2022
Penulis : Tim NOC
Olympic Committee of Indonesia Looks Beyond 2022 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengajak federasi nasional berpikir lebih maju dalam melihat agenda olahraga 2022. Ia ingin semua cabang olahraga tak sekadar melihat agenda multievent tahun ini saja, tetapi juga harus mulai memikirkan cara menuju Olimpiade 2024 Paris.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, mengatakan proyeksi NOC Indonesia pada 2022 tak sebatas agenda multievent tahun ini. NOC Indonesia merilis empat agenda multievent tahun ini, yakni SEA Games Hanoi (12-23 Mei), Islamic Solidarity Games Konya (9-18 Agustus), Asian Games Hangzhou (10-25 September), serta Asian Youth Games Shantou (20-28 Desember). Selain itu, Indonesia juga akan berpartisipasi di Children of Asia, multievent yang bertujuan membangun dan mempromosikan olahraga kepada  anak usia dini.

“Lima multievent ini membuat agenda 2022 padat. NOC Indonesia menegaskan kembali SEA Games bukan target utama, tetapi uji coba yang diperlukan untuk melihat dan mengukur kekuatan hasil latihan selama ini,” kata Okto, Jumat (14/01).

“Khusus untuk cabor kategori Olimpiade, kualifikasi Olimpiade Paris akan dimulai tahun ini. NOC Indonesia menegaskan kita bukan sekadar fokus pada lima agenda multievent itu saja.  Kita juga harus lebih cermat terhadap agenda kualifikasi. NOC Indonesia akan mengawalnya,” ujar Okto

Komite Olimpiade Internasional (IOC) bersama Panitia Penyelenggara Paris 2024 telah merilis 32 cabang olahraga (lihat data) yang dipertandingkan untuk Olimpiade Musim Panas edisi ke-33 nanti. Sebagai informasi, lini masa Qualification System Principles (QSP) yang disetujui Dewan Eksekutif IOC menyepakati kriteria kualifikasi yang ditetapkan Federasi Internasional untuk Olimpiade Paris rencananya diumumkan Februari 2022, dengan window qualification dimulai Juni 2022.

Dewan Eksekutif IOC meminta seluruh Federasi Internasional memastikan sistem kualifikasi yang diterapkan harus melibatkan partisipasi dari 206 NOC dengan minimal satu atlet putra dan satu atlet putri yang masuk dalam Kontingen mereka. Oleh karena. Oleh karena itu aturan sistem kualifikasi harus mencantumkan timeline kualifikasi dengan mempertimbangkan fakta, tidak boleh ada periode kualifikasi yang lebih dari 24 bulan dan semua kualifikasi harus selesai pada 23 Juni 2024.

“Jadi kita harus lebih sadar bahwa menyiapkan diri menuju Olimpiade itu bukan setahun dan membentuk prestasi tak semudah membalikkan telapak tangan. Ini sudah 2022, waktu sudah sebentar lagi. Kita harus siap mulai dari sekarang, tidak bisa lagi saat mau Olimpiade baru panik mencari kesempatan untuk turun di kualifikasi. Sekarang kita sudah tidak bisa seperti itu lagi,” ujar Okto.

Sementara untuk cabang olahraga kategori non-Olimpiade, Okto berharap federasi nasional terkait bisa mematok prestasi tertinggi di ajang Kejuaraan Dunia. Sebab single event tersebut yang menjadi indikator kesuksesan federas nasional.

“Saya juga berharap cabor di luar kategori Olimpiade ini bisa menciptakan juara dunia dan kami juga berharap Pemerintah bisa memberikan apresiasi kepada federasi di luar kategori Olimpiade yang berhasil melakukannya. Sebab, federasi nasional bertanggung jawab untuk menemukan, membina, menciptakan atlet sebagai juara dunia. Jika berhasil itu bukan kerja keras atlet seorang, melainkan ada tangan pelatih hingga masseur. Atlet tak akan pernah bisa juara jika tidak didukung lingkungan yang bagus,” tambah Okto.